1.
|
Dalam perspektif psikologis, peserta didik adalah…
| |
a.
|
Individu yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pembelajaran
| |
b.
|
Individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan
| |
c.
|
individu yang sedang dalam proses perencanaan pendidikan dan pengajaran
| |
d.
|
individu yang sedang berada dalam proses pendidikan dan perkembangan
| |
2
|
Perubahan-perubahan yang terjadi pada aspek fisik peserta didik meliputi….
| |
a.
|
perubahan ukuran badan, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
| |
b.
|
perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
| |
c.
|
perubahan bentuk badan ,perubahan proporsi tubuh, munculnya ukuran kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
| |
d.
|
perubahan tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ukuran kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
| |
3
|
Secara Umum karakteristik peserta didik adalah…
| |
a.
|
gaya hidup individu secara umum yang dipengaruhi oleh usia, gender, dan latar belakang yang dibawa sejak lahir dari lingkungan sosialnya untuk menentukan kualitas hidupnya
| |
b.
|
gaya hidup individu secara umum yang dipengaruhi oleh lingkungan, dan, latar belakang yang telah dibawa sejak lahir dan dari orang tua untuk menantukan kualitas hidupnya
| |
c.
|
gaya hidup kelompok secara umum yang dipengaruhi oleh gender, dan latar belakang yang telah dibawa sejak lahir dan dari lingkungan sosialnya untuk menantukan kualitas hidupnya
| |
d.
|
gaya hidup individu secara umum yang dipengaruhi oleh usia, dan gender, yang telah dibawa sejak lahir dan dari lingkungan keluarga untuk menantukan kualitas hidupnya
| |
4
|
Perubahan-perubahan karakteristik peserta didik dalam aspek psikologis dan sosial meliputi….
| |
a.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya pikir, perkembangan emosi perkembangan sosial, perkembangan bahasa , bakat khusus, sikap, nilai, dan moral
| |
b.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan budaya atau daya pikir, perkembangan emosi perkembangan sosial, perkembangan bahasa ,bakat khusus, sikap, nilai, dan moral
| |
c.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya pikir, perkembangan emosi perkembangan budaya, perkembangan bahasa ,bakat khusus, sikap, nilai, dan moral
| |
d.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya pikir, perkembangan religius perkembangan sosial, perkembangan bahasa ,bakat khusus, sikap, nilai, dan moral
| |
5
|
Kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan apabila dilatih dengan baik. Kemampuan yang terlatih ini akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan ketrampilan dalam bidang tertentu adalah…
| |
a.
|
Potensi diri
| |
b.
|
Potensi individu
| |
c.
|
Potensi kelompok
| |
d.
|
Potensi manusia
| |
6.
|
Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi, dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah adalah….
| |
a.
|
Tujuan pengembangan bakat dan minat
| |
b.
|
Tujuan pengembangan minat
| |
c.
|
Tujuan pengembangan bakat
| |
d.
|
Tujuan pengembangan diri
| |
7
|
Tujuan pengembangan diri adalah….
| |
a.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan profesional, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
| |
b.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
| |
c.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan berkeluarga, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
| |
d.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
| |
8
|
Pengertian menganalisiis pengetahuan Awal peserta didik adalah….
| |
a.
|
Kegiatan menganalisis pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
| |
b.
|
Kegiatan menelaah pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
| |
c.
|
Kegiatan mengidentifikasi pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
| |
d.
|
Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
| |
9
|
Langkah-Langkah identifikasi Pengetahuan Awal adalah….
| |
a.
|
melakukan observasi, tabulasi karakteristik, dan pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
| |
b.
|
melakukan pengamatan, tabulasi karakteristik, dan pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
| |
c.
|
melakukan dokumentasi, tabulasi karakteristik, dan pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
| |
d.
|
melakukan simulasi, tabulasi karakteristik, dan pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
| |
10
|
Sikap awal peserta didik menurut Goleman,Daniel (2000) dikelompokkan ke dalam delapan kelas yaitu….
| |
a.
|
belajar langsung, belajar stimulus, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
| |
b.
|
belajar isyarat, belajar stimulus, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
| |
c.
|
belajar membedakan, belajar stimulus, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
| |
d.
|
belajar demonstrasi, belajar stimulus, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
| |
SOAL PPG PEDAGOGIK
4/
5
Oleh
yots