Saturday, 21 September 2019

PENILAIAN TINDAKAN KELAS BIMBINGAN KONSELING





Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan, sehingga kita masih beraktivitas sesuai dengan bidang kita masing-masing, dan pada kesempatan saya coba berbagi tentang penilaian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling ( PTK BK)

                                                 BAB I
                                       PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Berkaitan dengan tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan
melatih.
Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti
meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih
berarti
mengembangkan ketrampilan-ketrampilan kepada siswa. Terutama guru BK (Bimbingan dan
Konseling) harus bisa menjalankan profesinya yaitu mengonseling siswa yang “bermasalah”
/atau butuh pemecahan masalah. Dan salah satu metode konseling adalah metode
konseling
behavior yang tujuannya adalah untuk mengahapus/menghilangkan tingkah laku maldaptif
(masalah) untuk digantikan dengan tingkah laku baru yaitu tingkah laku adaptif yang
diinginkan
siswa. Tujuan yang sifatnya umum harus dijabarkan ke dalam perilaku yang spesifik : (a)
diinginkan oleh klien; (b) konselor mampu dan bersedia membantu mencapai tujuan
tersebut; (c)
klien dapat mencapai tujuan tersebut; (d) dirumuskan secara spesifik. Konselor dan klien
bersama-sama (bekerja sama) menetapkan/merumuskan tujuan-tujuan khusus konseling.

Dan untuk lebih jelasnya silahkan klik disini

demikian dan mudahan bisa bermanfaatn dan bisa menambah wawasan kita.

Related Posts

PENILAIAN TINDAKAN KELAS BIMBINGAN KONSELING
4/ 5
Oleh