Banyak hal yang harus di lakukan oleh seorang Tenaga pendidik, untuk mengetahui perkembangan siswa, baik perkembangan belajar ataupun prestasi di sekolah, disamping itu juaga seorang guru dituntut untuk mengetahui perkembangan hubungan siswa dalam berinteraksi dengan teman-teman disekolah atau hubungan sosial dalam kelompok.
Salah satu yang mungkin bisa diterapkan dengan menggali informasi lewat Sosiometri, bisa dilakukan dengan cara memberikan Angket kepada siswa/peserta didik.
Sosiometri
adalah Metode pengumpulan data tentang pola dan struktur sosial
individu-individu dalam suatu kelompok, dengan cara menelaah relasi
sosial, status sosial. Maksud dan tujuan penggunaan angket sosiometri adalah
untuk mengetahui hubungan sosial individu dalam kelompok, dalam hal ini
hubungan sosial individu siswa dalam kelasnya di MTS Manfaat
penggunan angket sosiometri ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan dan
konseling yang dapat diberikan secara tepat kepada individu siswa di
MTS melalui hasil analisis sosiometri yang berupa sosiogram.
Untuk
itu kami selaku guru bimbingan dan konseling memohon partisipasi dari siswa MTS untuk mengisi angket sosiometri yang nantinya dapat digunakan
untuk menganalisis dan mengevaluasi program layanan bimbingan konseling.
Petunjuk pengisian :
1. Menjawab
pertanyaan pada angket sosiometri dengan cara menuliskan nama teman
yang dipilih beserta alasannya.
2. Menjawab
pertannyaan sesuai dengan pendapat disi sendiri bukan pendapat teman.
3. Tidak
ada jawaban yang dinilai salah atau benar, sehingga jangan takut untuk
menuliskan jawaban sesuai dengan pendapat dan pikiran masing-masing.
4. Jawaban
bersifat rahasia sehingga jangan memperlihatkan jawaban kepada teman.
5. Mintalah
petunjuk kepada petugas apabila ada hal yang masih kurang jelas dalam pengisian
angket sosiometri ini.
Terima kasih atas
partisipasinya.
Nama
|
|
No Absen
|
|
Kelas/Jurusan
|
|
Jenis kelamin
|
|
Tempat / Tanggal Lahir
|
|
Alamat
|
1. Teman
yang anda senangi untuk diajak belajar bersama di kelas :
a. .............................................alasannya..............................................................
b. .............................................alasannya..............................................................
c. .............................................alasannya..............................................................
2. Apabila
anda mengalami kesulitan belajar dengan siapa teman sekelas anda memilih untuk
berbagi minta tolong:
a. .............................................alasannya..............................................................
b. .............................................alasannya..............................................................
c. .............................................alasannya..............................................................
3. Dengan
siapakah anda ingin duduk sebangku di kelas ini :
a. .............................................alasannya..............................................................
b. .............................................alasannya..............................................................
c. .............................................alasannya..............................................................
4. Teman
yang paling tepat untuk menjadi ketua kelas adalah :
a. .............................................alasannya..............................................................
b. .............................................alasannya..............................................................
c. .............................................alasannya....................
Demikian dan mudahan bisa bermanfaat.
Demikian dan mudahan bisa bermanfaat.
ANGKET SOSIOMETRI
4/
5
Oleh
yots