KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler
Pramuka Gugus Depan Pangkalan MTS pada tahun ajaran 2016/2017.
Program kerja ini merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan
Kerja Penggalang Gudep Pengkalan MTS untuk
menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan MTS.
Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini
pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep
Pangkalan MTS dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga
berkontribusi postif bagi peningkatan mutu
pendidikan di liungkungan MTS.
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh
dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami
harapkan demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan
Pangkalan MTS. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
Boro’ Tumbuh, 14 Juli
2016
Team Penyusuan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………..
|
ii
|
||
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR ISI …………………………………………………………………
|
iv
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN …………………………………………..
|
1
|
A. Latar Belakang ……………………………………………
|
|||
B. Dasar Kegiatan ……………………………………………
|
|||
C. Tujuan ……………………………………………………..
|
|||
D. Sasaran …………………………………………………….
|
|||
BAB II
|
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS
DEPAN PANGKALAN MI/MTS/MA
A. Visi Gudep MTS
B. Misi Gudep MTS
|
||
BAB II
|
:
|
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA ……
|
|
A. Program Umum…………………………. ………………
|
|||
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
………….
|
|||
2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….
|
|||
3. Bidang Sarana dan Administrasi ………………………
|
|||
4. Bidang Keuangan ………………………………………
|
|||
B. Penjabaran Program dalam Semester …………………….
|
|||
C. Penjabaran Masing-Masing Program ……………………
|
|||
D. Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler
Pramuka Gudep MTS
|
|||
BAB III
|
:
|
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
|
|
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan …………..
|
|||
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang …………..
|
|||
C. Dewan Kehormatan Penggalang ………………………..
|
|||
D. Struktur Organisasi Gudep
………………….
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
|
|||
BAB IV
|
:
|
PENUTUP …………………………………………………..
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan
ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah.Kegiatan dilaksanakan
melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah.Melalui
pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan
Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila,
pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur,
berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi,
persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan
kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang
dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar
jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga.Sebagai satu-satunya kegiatan
kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam
peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang
baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih
sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada
tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka
dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji
pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap,
dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan
pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara
siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis
pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut
rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta
didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman
langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala
sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut.
Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan
tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan
pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan
Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi
Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan
Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian
Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang
dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan MI/MTS/MAtahun pelajaran
2014/2015
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program
kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan
watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada
pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan
dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk
peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur
yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di
sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru
yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang
merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang
meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal
mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang
meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk
menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi
obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang,
penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan
Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81a Tahun 2013
Tentang Implementasi Kurikulum
berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi
kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada
Gudep MTS adalah sebagai berikut:.
A Visi :
Visi gugus depan pangkalan MTS adalah: Pengembangan Potensi
Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B Misi :
Sedangkan misi gugus depan pangkalan MTS
1.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan
jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta
keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka MI/MTS/MAdapat
dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan
program.Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan.
Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A. Program Umum
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan
Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang
pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas
VII
b.
Penerapan Sistem Reguler
Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
●
2 macam SKK Agama
●
2 macam SKK Patriotisme dan
Seni Budaya
●
2 macam SKK Ketangkasan dan
Kesehatan
●
2 macam SKK Ketrampilan dan
Teknik Pembangunan
●
2 macam SKK Sosial,
Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan
Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan pramuka
penggalang meliputi jenjang:
a)
Ramu
b)
Rakit
c)
terap
5)
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali
)
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2
kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan
Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10)
Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11)
Pengiriman regu penggalang ke
tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
12)
Kegiatan dengan gugus depan
lain ( latihan gabungan )
13)
Musyawarah Gugus Depan
2.
Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana
penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian /
Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus
Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang
meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang
meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3.
Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak
mengikat
4.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk
kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk
pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan
yang dihadiri oleh MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam
Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan pangkalan MTS dapat dijabarkan sebagai
berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2016 SAMPAI
DENGAN DESEMBER 2016
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa
Orientasi Anggota Baru (system Blok)
|
X
|
||||||
2.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
3.
|
Ujian
SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
||||
4.
|
Ujian
SKU Penggalang Rakit
|
X
|
X
|
X
|
||||
5.
|
Ujian
SKU Penggalang Terap
|
X
|
X
|
X
|
||||
6.
|
Ujian
SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
7.
|
Gladian
Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
8.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
X
|
X
|
|||||
9.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
X
|
||||||
10.
|
Bakti
Masyarakat
|
X
|
||||||
11.
|
Latihan
gabungan
|
X
|
X
|
|||||
12.
|
Lomba
Tingkat I
|
X
|
||||||
13.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
X
|
||||||
14
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2017
SAMPAI DENGAN JUNI 2017
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
2.
|
Ujian
SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
3.
|
Ujian
SKU Penggalang Rakit
|
X
|
X
|
X
|
||||
4.
|
Ujian
SKU Penggalang Terap
|
X
|
X
|
|||||
5.
|
Ujian
SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
6.
|
Gladian
Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
7.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
X
|
||||||
8.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
X
|
X
|
|||||
9.
|
Bakti
Masyarakat
|
X
|
||||||
10.
|
Latihan
gabungan
|
X
|
||||||
11.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
X
|
||||||
12.
|
Pemilihan
pramuka terbaik
|
X
|
||||||
13.
|
Musyawarah
Gugus Depan
|
X
|
||||||
14.
|
Perkemahan
jauh dan Pengembaraan
|
X
|
||||||
15.
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
C. Penjabaran Masing-Masing
Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut
:
a.
Latihan rutin dilakukan setiap
hari Sabtu dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan
pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu
Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin
adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa Dharma dan Trisatya
3)
PBB dan Upacara Pramuka
4)
Sandi pramuka (huruf rahasia)
5)
Semaphore
6)
Kompas
7)
Pionering, tali temali,
macam-macam ikatan
8)
Api Unggun
9)
Tata Boga
10)
Hasta karya Pramuka
11)
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
12)
Musyawarah dan Mufakat
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
Penjelajahan dam Permainan
Pramuka
16)
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
17)
Bakti karya
18)
Kegiatan lain yang berupa
kegiatan insidental dan spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus)
adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk
menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing
Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan
(Dewan Kerja Penggalang)
3)
Peserta dalam kegiatan
Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang
meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2)
Pemimpin Regu Utama (Pratama)
putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri
para pramuka penegak
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina
OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar
Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting diantaranya
Andalan Ranting Urusan Penggalang
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan
bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan
pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai
pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
●
Penjelajahan dan halang rintang
●
Kegiatan latihan gabungan
●
Kegiatan kunjungan ke tempat
rekreasi (Trowulan, Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
●
Latihan Dasar Kepemimpinan
●
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan
pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan
Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri
pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat
dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
●
Penerimaan tamu pasukan
(anggota baru)
●
Kegiatan Pelantikan Kenaikan
Tingkat
●
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan
(MUGUS)
●
Latihan Dasar Kepemimpinan
(LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar
sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada
Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama)
kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kabupaten Jombang, sedang pada
semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar
kabupaten Jombang.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini
adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan
pada kegiatan ini adalah:
●
Kegiatan Bakti Masyarakat
●
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
●
Kegiatan Latihan Dasar
Kepemimpinan (LDK)
●
Kegiatan Lomba Tingkat I
●
Kegiatan Pengembaraan atau
Kemah Beranting
●
Gladian Pemimpin Regu
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir
Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada
tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah
keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah
dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar
program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai
dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan
ini adalah
●
Kegiatan kunjungan ke anggota
gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
●
Mengikuti kegiatan yang berasal
dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN MTS
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat
|
||||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB dan
Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf
SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman
kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api unggun
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata boga
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang
Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|||
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah
dan mufakat Pramuka
|
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|||
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah
alam dan out bout
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu
wajib dan daerah
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|||
15
|
15.
Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti
karya
|
15.2 Bakti
karya Penggalang untuk desa
|
15.2
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
RAKIT
GUGUS DEPAN MTS
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka
dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka
dunia
|
* Menyebutkan tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menyebutkan
organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka
di Indonesia
|
Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
||
* Menyebutkan tokoh pramuka
Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan
Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah &
masyarakat
|
* Menjelaskan isiTri Satya dan
Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
* Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam
pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam
upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam
PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
|
* Latihan PBB dasar
|
PBB dan
Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
* Latihan sikap sempurna sampai
gerak jalan
|
||
* Menulis langkah-langkah upacara
|
|||
* UpacaraPenggalang
|
|||
3. Memahami macam- macam SANDI dan
mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI
|
* Mengungkapan Isi suatu SANDI
|
SANDI dan
SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui fungsi bendera
Semaphore
|
* Menyebutkan fungsi SANDI
dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore
dengan benar
|
* Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan
benar
|
* Menggunakan pedoman kompas dalam
berkemah
|
Pedoman
Kompas
|
5. Memahami penggu naan tali, cara
mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat macam-macam simpul tali
dan menyambung tongkat
|
* Membuat beragam simpul tali
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga
|
* Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui cara dan praktek
mendirikan tenda
|
* Membuat tandu
|
||
* Membuat kaki 3
|
|||
* Menyebutkan cara mendirikan
tenda
|
|||
* Mendirikan tenda
|
|||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam
ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api
unggun dalam berkemah
|
* Menyebutkan kegunaan api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur api unggun di
lapangan sekolah
|
* Membuat miniatur api unggun di
SD
|
||
7. Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat resep / bumbu masakan /
rujak-an sederhana
|
* Membuat resep rujak an dan
sayuran
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut
(membuat sayur dan lauk-pauk)
|
* Memasak sayuran dan membuat lauk
pauk
|
||
8. Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1 Membuat kerajinan dari jerami /
dedaunan (atap gubug)
|
* Membuat anyaman atap gubug
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar
/ barang bekas
|
* Membaut sendal kayu
|
||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata
struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
* Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui definisi struktur
organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan arti struktur
organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk kepengurusan regu
|
* Membuat pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
* Menjelaskan arti musyawarah dan
mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
* Bermusyawarah membuat jadwal
latihan
|
||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta
dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan
|
* Membuat tanda jejak dan peta
penjelajahan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan
|
* Menggunakan tanda jejak dan peta
jelajah
|
||
12. Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
* Menyebutkan cara praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
* Menjelaskan arti jelajah alam
& out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
* Menyebutkan macam- macam jenis
out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana
|
* Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu
daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu
daerah
|
* Menyebutkan macam- macam lagu
wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal
dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan 2 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
* Menjelaskan arti dan tujuan
Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
|
* Bakti karya penggalang untuk
masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
TERAP
GUGUS DEPAN MTS
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka
dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka
dunia
|
* Menganalis nilai-nilai perjuangan
para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menganalisis peran organisasi
pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka
di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah pramuka Indonesia
|
||
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan pada tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan
Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah &
masyarakat
|
Menganalisis
isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
Memberikan
contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam
pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam
upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan gerak lanjut dalam
PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
|
* Latihan PBB lanjutan
|
PBB dan
Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan upacara
Penggalang di lapangan
|
* Menulis langkah-langkah upacara
|
||
* Latihan petugas upacra
|
|||
* Mempraktekan UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam- macam SANDI dan
mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI
|
* Membuatu contoh SANDI
|
SANDI dan
SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui fungsi bendera
Semaphore
|
* Menganalisis kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore
dengan benar
|
* Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan
benar
|
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang
dituju.
|
Pemnfaatan
Kompas
|
5. Memahami penggu naan tali, cara
mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat macam-macam simpul tali
dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn Tandu-Tali Temali.
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui cara dan praktek
mendirikan tenda
|
Mendirikan
tenda
|
||
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam
ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api
unggun dalam berkemah
|
* Menganalisis manfaat api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur api unggun di
lapangan sekolah
|
* Membuat miniatur api unggun
|
||
7. Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat resep makanan ringan
|
* Membuat resep makanan ringan
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut
(membuat makanan ringan)
|
* Membuat atau memasak makanan
ringan
|
||
8. Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1 Membuat kerajinan dari jerami /
dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau
beregu.
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar
/ barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan secara mandiri dan beregu
|
||
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata
struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
* Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui definisi struktur
organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan arti struktur
organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk kepengurusan regu
|
* Membuat pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
* Mengindentifikasi nilai-nilai
musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
* Mempraktekan kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda- tanda jejak peta
dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan
|
Membaca
peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan
|
* Mampu membuat dan memindahkan
medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Mengetahui obat yang akan
diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
* Mengetahui cara penggunaan obat
yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan
outbond
|
* Menjelaskan arti jelajah alam
& out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
* Menyebutkan macam- macam jenis
out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana
|
* Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu
daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu
daerah
|
* Menyebutkan macam- macam lagu
wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal
dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
* Menganalisis arti dan tujuan
Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
|
* Bakti karya penggalang untuk
masyarakat pedesaan
|
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)
disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing
Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan
tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan
sebagai berikut :
1.
Ketua : Drs.
Tajuddin (Kepala
Sekolah)
2.
Anggota : H. Sataruddin,
S.Pd (Wakil Kepala Sekolah)
3.
Anggota : Sulphtiatun,
S.Pd ( Pembina OSIM)
4.
Anggota : Kaharuddin,
S.Si (Pembina)
5.
Anggota : M. Ali Rizki (Pembina Harian Putra)
6.
Anggota : Siti
Zinnurrahmatin (Pembina
Harian Putri)
B.
Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya
adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan
di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam
menjalankan aktivitas kepramukaan.Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga
berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat
kecil, mendadak, atau rutin.Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau
insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang
terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil
pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun
susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep
MTSsebagai berikut:
1.
Ketua : M.
Ali Rizki (VIII-B)
2.
Wakil Ketua : Isma
Danial (VIII-B
)
3.
Sekretaris I : Hafizulloh (VIII-B
)
4.
Sekretaris II : Ogi
Sugianto (VIII-B
)
5.
Bendahara I : Siti
Zikratul Fariza (VII-B
)
6.
Bendahara II : Siti
Zinnurrahmatin (VIII-A
)
7.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional
Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
Teguh Arib Wibawa (VIII-B )
2.
M. Hendra Setiawan (VIII-A )
3.
Aida Janwarti (VII-A )
4.
Anisatun Dalwah (VII-A )
b.
Bidang Adminsitrasi dan
Organisasi
1.
Huzaenur (VIII-A )
2.
M. Rizman Hafizi (VIII-A )
3.
M. Mugni ((VII-B)
4.
M. Bayu saputra ((VII-B)
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
Nanik Rahmawati (VIII-A )
2.
M. Ramdani (VIII-B )
3.
Nia Bakti (VII-A )
4.
M. Badawi (VIII-A )
C.
Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas
anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III.Dewan Kehormatan
bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental.Dewan Kehormatan Penggalang
mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina
dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun
susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua : Vina
Wahyu Ningtias
2.
Anggota : Alfina
Ratna Dewi
3.
Anggota : M.
Khari
4.
Anggota : Mita
Hermayanti
5.
Anggota : Sofa
Marwati
6.
Anggota : Bayu
Rafsanjani
D.
Struktur Organisasi Gudep
E. Pengelompokkan Peserta /
Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok
Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta didik yang belum pernah
mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok
Penggalang Ramu.
2)
Peserta didik yang telah
mengikuti pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang terap
(dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah Dasar dimasukkan dalam kelompok
Penggalang Rakit.
3)
Kelompok Penggalang Terap,
hanya diperuntukan bagi peserta didik
yang telah mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi
siswa MTS.
Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minimal
3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi),
dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.
F.
Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan
rutin dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih
difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan
keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik
menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan
secara praktis yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan
menghemat biaya tetapi berhasil guna dan tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib
membuat Program Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G.
Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian Pendidikan Kepramukaan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1)
Penilaian dilakukan lebih
banyak secara kualitatif.
2)
Peserta didik
diwajibkan untuk mendapatka nnilai minimal baik pada kegiatan
ekstrakurikuler wajib pada
setiap semester.
3)
Nilai yang diperoleh
pada kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap
kenaikan kelas peserta didik.
4)
Apabila Nilai di
bawah baik dalam dua semester
atau satu tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru
akan dinaikan, peserta didik yang bersangkutan harus mengikuti program
khusus yang diselenggarakan bagi
mereka (Modifikasi Prilaku)
5)
Kriteria keberhasilan kompetensi lebih ditentukan
oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
6)
Proses penilaian dilaksanakan
setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7)
Proses penilaian
dilaksanakan dengan metode
Observasi dan Partisipasi.
8)
Proses penilaian
Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan Kompetensi
Dasar dari masing-masing
Tema dan Matapelajaran. sebagai
penguatan yang bermuatan
Nilai Sikap dan Keterampilan
dalam Kurikulum 2013.
9)
Proses Penilaian
dilakukan oleh Teman,
Guru Kelas/Guru
Matapelajaran, Pemangku Kegiatan
dan/atau Pembina Pramuka.
10)
Pelaporan nilai dituangkan
dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
Pangkalan MTS tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak
dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini diharapkan
dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan
dengan kegiatan kepramukaan pada MTS.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program
kerja ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh sebab itu saran dan kritik sangat
diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini.Akhirnya semoga
program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.
PROGRAM KERJA EKSTRA PRAMUKA
4/
5
Oleh
yots