Friday 20 September 2019

PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SEKOLAH/MADRSAH

Dalam kesempatan kali ini saya coba berbagi kepada rekan-rekan, khususnya bapak Ibu guru sebagai guru bimbingan konseling, tentang proses Layanan konseling kelompok di Madrasah/Sekolah.

Layanan konseling kelompok adalah salah satu layanan dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang juga memanfaatkan dinamika yang ada pada kelompok. Setelah kita melaksanakan layanan ini alangkah baiknya untuk sesegera mungkin untuk membuat laporannya. 




Dalam membuat laporan tentunya kita juga sudah membuat rencana pelaksanaan layanan konseling kelompok. Simak ulasannya berikut ini tentang.
Laporan konseling kelompok yang dimulai dengan
RPL layanan konseling kelompok terlebih dahulu.

A. Topik Permasalahan : Mengantuk saat jam pelaran
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Konseling Kelompok
D. Fungsi Layanan : Pengentasan
E. Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai :
  a. Siswa dapat mengungkapkan perasaan yang dirasakan
  b. Siswa dapat mengambil saat jem pelajaran untuk tidak tidur
F. Sasaran Layanan : Siswa Kelas X 
G. Hari / Tanggal : Senin, 24 september 2018
H. Uraian Kegiatan          :  

 Langkah 1
 Persiapan  : Pembentukan kelompok

 Langkah 2
 Kegiatan Layanan 
 A. Pendahuluan 
Guru memberi salam ucapan terimakasih 
Berdoa 
Perkenalan dengan siswa 
Menjelaskan tentang konseling kelompok, tujuan, dan asas konseling kelompok. 
Apersepsi 

 Langkah 3 
 B. Kegiatan Inti
Konselor memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan permasalahan yang sedang dialami
Konselor menganalisis permasalahan siswa untuk segera ditangani dalam konseling kelompok 
Setelah menentukan siswa yang  akan ditangani, konselor memberi 
kesempatan kembali kepada siswa tersebut untuk mengutarakan kembali permasalahnnya 
Konselor memberi kesempatan kepada siswa yang lain untuk memerikan saran/solusi kepada siswa yang tersebut 
Konselor meminta tanggapan dari siswa tersebut mengenai saran/solusi dari teman-temannya. 
Konselor menanyakan kembali kepada siswa tersebut dalam  penggalian informasi dan memberi penguatan dalam pengambilan keputusan siswa 

 Langkah 4
 C. Penutup  
Konselor mengutarakan bahwa kegiatan konseling kelompok akan segera berakhir 
Konselor meminta saran/pesan mengenai konseling kelompok 
Konselor memberi kesimpulan 
Salam Penutup 

I. Materi    : - 
J. Tempat penyelenggaraan : Diruang kelas  
K. Waktu Pelaksanaan  : 2 X 45 Menit  
L. Penyelenggara             : Guru Pembimbing  
M. Pihak yang diikutsertakan  : Guru 
N. Alat dan Perlengkapan : - 
O. Sumber   : -  
P. Rencana Penilainan :
  1. Laiseg      : Siswa mampu berkomunikasi dalam kelompok
  2. laijapen    : Siswa Dapat Mengambil Keputusan untuk tidak mengantuk saat jam pelajaran 


Catatan Khusus    : - 




                                                                                                         Boro’Tumbuh, ....,........,......
Mengetahui          
Kepala Madrasah,                                                                        Guru BK



...........................                                                                                  ..................

Demikian dan mudah-mudahan bisa menjadi refrensi kita, dalam penerapan bimbingan terhadap peserta didik tempat kita bertugas.

Related Posts

PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SEKOLAH/MADRSAH
4/ 5
Oleh